HOME
Kamis, 01 Juni 2023
Follow:
 
 
BKKBN Riau Gelar Forum Koordinasi Percepatan Penurunan Stunting di Pelalawan

Reporter : Nindi
Rabu, 15/03/2023 - 22:22:19 WIB

TERKAIT:
   
 
PEKANBARU,riaukita - Percepatan penurunan angka prevalensi stunting di Provinsi Riau terus dilakukan, dan sebagai wujud keseriusan dalam melakukan upaya Percepatan Penurunan Stunting, Rabu (15/3/2023) dilaksanakan Forum Koordinasi Percepatan Penurunan Stunting di Auditorium Lantai 3 Kantor Bupati Pelalawan. 

Forum ini merupakan tindak lanjut forum Koordinasi Percepatan Penurunan Stunting Tingkat Provinsi Riau beberapa waktu lalu. Stunting masih menjadi masalah serius yang menimbulkan dampak jangka panjang. Hal ini dikarenakan stunting tidak hanya berpengaruh pada kondisi fisik, namun juga akan mempengaruhi kognitif anak. 

Wakil Bupati Kabupaten Pelalawan, H. Nasarudin, SH, MH menyampaikan bahwa untuk Percepatan Penurunan Stunting di kabupaten Pelalawan pihaknya telah bekerjasama dengan Kemenag untuk melakukan skrining kepada calon pengantin dan rencananya TP PKK akan bekerjasama dengan Dinas Pertanian untuk melakukan gerakan menanam daun kelor yang kaya akan manfaat. 

Disebutkan bahwa sebagian besar Stunting ditemukan pada keluarga yang memiliki permasalahan ekonomi. Oleh karena itu, sebagai wujud komitmen dan kepedulian terhadap Percepatan Penurunan Stunting di Kabupaten Pelalawan, Ketua TP PKK Kabupaten Pelalawan dikukuhkan menjadi Bunda Asuh Anak Stunting (BAAS) Tingkat Kabupaten Pelalawan. 

Pengukuhan dibuktikan dengan pemasangan selempang oleh Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Riau, Dra. Mardalena Wati Yulia, M.Si kepada Ketua TP PKK Kabupaten Pelalawan, Sella Pitaloka, S.AP. 

Selain pengukuhan Ketua TP PKK Kabupaten Pelalawan sebagai BAAS Kabupaten Pelalawan, pada kesempatan ini juga dilakukan pengukuhan 12 orang Ketua TP PKK Kecamatan sebagai Bunda Genre Tingkat Kecamatan dan 118 pasang Duta Genre Tingkat Desa/Kelurahan se Kabupaten Pelalawan. 

Prosesi pengukuhan disaksikan langsung oleh Wakil Bupati Pelalawan, H. Nasarudin, SH, MH, Kepala Dinas P2KBP3A Kabupaten Pelalawan, Forkopimda dan tamu undangan lainnya.

Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Riau, Dra. Mardalena Wati Yulia, M.Si menyampaikan ucapan terima kasih kepada Ketua TP PKK Kabupaten Pelalawan yang telah bersedia untuk dikukuhkan sebagai Bunda Asuh Anak Stunting, kepada Bunda Genre Tingkat Kecamatan dan kepada Duta Genre Tingkat Desa/Kelurahan. Menurutnya pengukuhan ini sebagai bentuk komitmen Pemerintah Kabupaten Pelalawan untuk mendukung Program Bangga Kencana khususnya Percepatan Penurunan Stunting. 

"Terima kasih kepada semua pihak yang telah bersedia dikukuhkan. Program ini diharapkan bisa memberikan kontribusi lebih terhadap Percepatan Penurunan Stunting di Pelalawan. Sehingga harapan kita bersama Pelalawan Zero Stunting bisa dicapai,” ucapnya. 

Diketahui kondisi Stunting di Kabupaten Pelalawan telah diturunkan dari angka 21,2 persen menjadi 11,2 persen dan Kabupaten Pelalawan berhasil menempati posisi terendah kedua se Provinsi Riau. 

“Memang angka ini sudah dibawah rata-rata nasional, namun kita tetap tidak boleh lengah. Upaya Percepatan Penurunan Stunting harus tetap dilakukan hingga zero stunting.” lanjutnya.

Tak lupa, beliau menyampaikan harapannya kepada Duta Genre Tingkat Desa/Kelurahan se Kabupaten Pelalawan yang baru saja dikukuhkan.

“remaja cenderung  lebih senang bercerita kepada teman sebayanya, oleh karena itu pada hari ini dilakukan pegukuhan Duta Genre Tingkat Desa dan Kelurahan agar bisa menjangkau masyarakat luas. Tentu saja harapannya Duta Genre ini tidak hanya sekedar dikukuhkan, namun saya menunggu aksi nyatanya. Duta genre yang dikukuhkan diharapkan bisa menjadi Agent Of Changes dan Role Model bagi teman sebayanya.” jelasnya. 

Ditempat yang sama, wabup mengatakan saat ini banyak tindak pidana yang terjadi pada anak dibawah umur. Oleh karena itu Duta Genre yang telah dilantik, diharapkan bisa turut serta mengawal anak-anak di desanya dan memberikan contoh yang baik untuk teman sebayanya. 

Pada kesempatan ini juga dilakukan penandatanganan perjanjian kerjasama PPS dg Kapolres, Dandim, Kemenag, BAZNAS, IDI, IBI, IAKMI, PPNI, BKMT, PT. RAPP, PT. Tanoto foundation, PT. Musimas, PT. PMBN, PT. asian agri, dan PT. Sari Lembah Subur. 

Dilanjutkan penyerahan DAK Sub Bidang KB secara simbolis kepada Wabup Pelalawan dan penyerahan ATTG kepada Ketua TP PKK Kabupaten Pelalawan. 

Adapun narasumber pada kegiatan ini berasal dari Dinas Kesehatan dan BAPPEDA Kabupaten Pelalawan.


 
.:: Home | Politik | Peristiwa | Ekbis | Lingkungan | Sport | Hukum | Kesehatan | Iptek | Foto | Galeri | Index ::.
Copyright 2011-2020 RiauKita.com, All Rights Reserved | Redaksi | Info Iklan | Disclaimer Reserved Powered By www.riaukita.com