HOME
Jum'at, 22 Oktober 2021
Follow:
 
 
Digelar Online, Liga Dangdut Jaring Pedangdut Muda di Riau

Reporter : Nanda
Jumat, 18/12/2020 - 17:22:23 WIB

TERKAIT:
 
 
PEKANBARU  - Mendulang kesuksesan pada setiap kompetisinya, ajang pencari bakat menyanyi dangdut yang dianugerahi sebagai "Program Pencarian Bakat dengan Peserta dari Provinsi Terbanyak" oleh Museum Rekor Indonesia (MURI) yaitu Liga Dangdut Indonesia (LIDA) 2021 kembali digelar.

Memasuki tahun keempat, kompetisi dangdut terbesar Tanah Air ini kembali menjaring talenta-talenta muda berbakat melalui audisi yang digelar secara online di 34 Provinsi di Indonesia mulai 15 November 2020 sampai 17 Januari 2021 mendatang. Untuk Riau, audisi digelar hari ini, Jumat (18/12/2020).

Ade Permana selaku Produser LIDA 2021 Indosiar mengatakan, pilihan menggelar audisi LIDA 2021 secara online tidak semata karena kondisi pandemi yang hingga saat ini belum juga usai. Melainkan juga menangkap animo masyarakat di audisi tahun-tahun sebelumnya yang harus menempuh perjalanan berjam-jam dari rumah menuju lokasi audisi yang digelar di Ibukota Provinsi atau Kabupaten.

"Panjangnya waktu pendaftaran mudah-mudah akan membuat calon peserta bisa lebih matang mempersiapkan diri sampai menjelang hari audisi online," ujar Ade kepada ujarnya  melalui aplikasi Zoom Meeting.

Ia mengatakan audisi online LIDA 2021 dapat diikuti oleh pria maupun wanita berumur 14 - 25 tahun yang memiliki bakat menyanyi lagu dangdut/ Melayu. Calon peserta mendaftar melalui website: www.indosiar.com dengan mengisi formulir secara online berupa data diri, antara lain kartu identitas, foto terbaru full body dan close up.

"Tiap calon peserta juga harus mengupload 2 video cover di IGTV pribadi dengan menyanyikan lagu dangdut yang sudah ditentukan baik bertempo cepat (Up Beat) maupun tempo lambat (Slow Beat). Link video yang sudah diupload ke IGTV kemudian dimasukkan pada form pendaftaran di kolom yang tersedia untuk proses penjurian. Akun instagram yang digunakan untuk mengunggah video tidak dalam kondisi private atau terkunci,"tukasnya.

Lagu yang harus dibawakan peserta dalam video cover adalah "Gejolak Asmara" (Up Beat) dan "Tiada Tara" (Slow Beat) untuk peserta pria. Sedangkan lagu "Ditikam Asmara" (Up Beat) dan "Kulepas Dengan Ikhlas" (Slow Beat) wajib dinyanyikan peserta wanita. Seluruh lagu dinyanyikan secara full dan merupakan suara asli (tanpa mixing dan aplikasi) dan tanpa alat musik.

"Untuk Riau ada ratusan yang mendaftar, dan setelah diaudisi ada sekitar 17 sampai 20 orang yang lolos ke tahap selanjutnya," ungkapnya.

Sementara itu, Agung Wahyudi (19) salah seorang kontestan LIDA 2021 dari Pasirr Pengaraian mengatakan motivasi dirinya mengikuti LIDA ini adalah untuk membanggakan orang tua dan ingin mengeksplor diri. 

"Ini bukan audisi pertama saya, kebetulan saya juga pernah ikut audisi tapi gagal. Makanya tahun ini nyoba lagi," ujar anak bungsu dari delapan bersaudara ini.

Ia mengatakan, untuk audisi LIDA tahun 2021 ini memiliki tantangan tersendiri. Karena digelar online, dirinya kurang bisa mengeksplore semua kemampuannya. "Kalau tahun lalu kan di depan juri, jadi lebih puas lah. Tapi Alhamdulillah internet disini lancar, jadi masih amanlah," tuturny.

Untuk persiapan, dirinya rajin menonton youtube. Mencari referensi dari para juara LIDA. Bagaimana cara menyanyi dengan baik. 

"Mohon doa untuk semuanya. Bismillah dengan izin Allah mudah-mudahan saya bisa menang. Tahun lalu hanya sampai tahap booth saja, tahun ini harus lebih baik," tutupnya.


 
.:: Home | Politik | Peristiwa | Ekbis | Lingkungan | Sport | Hukum | Kesehatan | Iptek | Foto | Galeri | Index ::.
Copyright 2011-2020 RiauKita.com, All Rights Reserved | Redaksi | Info Iklan | Disclaimer Reserved Powered By www.riaukita.com