HOME
Minggu, 26 Mei 2024
Follow:
 
 
BKKBN Riau Gelar Orientasi Pengelola Rumah Data Kependudukan

Reporter : Nindi
Selasa, 14/03/2023 - 19:45:22 WIB

TERKAIT:
   
 
PEKANBARU,riaukita - Perwakilan BKKBN Provinsi Riau melaksanakan kegiatan "Orientasi Pengelola Rumah Data Kependudukan bagi Kader dan Operator Aplikasi Rumah DataKu Kabupaten/Kota Tingkat Provinsi Riau. Kegiatan ini bertujuan untuk pemenuhan kebutuhan data yang menjadi basis perencanaan dan pelaksanaan pembangunan kependudukan serta pemantapan dan penguatan dalam pengelolaan Rumah Data Kependudukan (Rumah DataKu).

Kegiatan yang berlangsung 12-13 Maret 2023 di Hotel Grand Central, Pekanbaru ini diikuti oleh seluruh Kabid/Kasubbid yang menangani Rumah DataKu, PKB/PLKB yang menjadi Pembina Rumah DataKu, Ketua/Kader Rumah DataKu Target Lokus Pro PN se propinsi Riau Tahun 2023.

"Kegiatan ini bertujuan untuk pemenuhan kebutuhan data yang menjadi basis perencanaan dan pelaksanaan pembangunan kependudukan serta pemantapan dan penguatan dalam pengelolaan Rumah Data Kependudukan (Rumah DataKu)," ungkap Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Riau Dra. Mardalena Wati Yulia, M.Si, Senin (13/3). 

Dijelaskannya, dalam Renstra BKKBN dan RPJMN 2020-2024, Tim Kerja Pengendalian Pendududuk memiliki peran strategis dalam pencapaian pembangunan prioritas nasional yaitu meningkatkan sumber daya manusia (SDM) berkualitas dan berdaya saing, dalam kegiatan prioritas percepatan cakupan administrasi kependudukan dengan pengembangan data dan informasi kependudukan yang akurat, lengkap dan tepat waktu dengan indikator program adalah persentase Rumah DataKu Paripurna yang terbentuk di Kampung KB. 

Begitu juga, katanya, pentingnya penyediaan data yang valid, terpercaya dan terbarukan, terutama dalam bidang kependudukan di level mikro yang mutlak diperlukan guna menunjang perencanaan pembangunan di daerah, serta sebagai dasar pengambilan keputusan maupun kebijakan di tingkat desa/kelurahan untuk memecahkan berbagai permasalahan yang ada. 

Dan tujuan dari pembangunan, lanjutnya, yaitu untuk meningkatkan kualitas dan meningkatkan kesejahteraan penduduk dapat tercapai. Selain itu, perencanaan pembangunan di desa/kelurahan dengan menggunakan data yang berkualitas dan terkini akan memberikan gambaran yang jelas serta pembangunan yang dilakukan lebih tepat sasaran.

Tambahnya, Rumah Data Kependudukan yang selanjutnya disingkat Rumah DataKu, merupakan kelompok kegiatan masyarakat yang berfungsi sebagai pusat data dan informasi kependudukan di tingkat mikro, untuk memenuhi kebutuhan akan data dan informasi keluarga dalam pembangunan di Kampung KB pada khususnya dan desa/kelurahan pada umumnya.

"Besar harapan dengan Rumah Dataku akan menjadi pusat data dan informasi kependudukan di wilayah tingkat desa, selain itu dapat juga sebagai penyedia data basis bagi intervensi pembangunan serta menjadi instrumen pendidikan data kependudukan bagi masyarakat tentang pentingnya data dan aspek kependudukan dalam pembangunan," harapnya.

Rumah DataKu sebagai kelompok kegiatan masyarakat yang berfungsi sebagai pusat data dan informasi kependudukan atau keluarga di tingkat mikro menjadi krusial peranannya untuk memenuhi kebutuhan akan keterpaduan data yang bersumber dari masyarakat. 

Oleh sebab itu, katanya, keberadaan Rumah DataKu penting untuk diwujudkan di seluruh desa/kelurahan untuk dapat memasok kebutuhan data yang akan digunakan dalam perencanaan dan pelaksanaan program pembangunan. 

Salah satu tujuan dari pendirian Rumah DataKu di wilayah desa/kelurahan adalah sebagai penyedia data dan analisis kependudukan serta informasi keluarga bagi pemerintah dan lintas sektoral dalam upaya memberikan intervensi peningkatan kesejahteraan masyarakat yang tepat sasaran dan tepat guna. 

Sehingga secara bersamaan dapat memperkuat Rumah Data yang tidak semata-mata sebagai tempat mengumpulkan dan mengolah data penduduk dalam skala mikro namun juga sebagai wahana koordinasi kelompok sasaran intervensi pembangunan desa, sekaligus pusat pembelajaran kader pendata di desa. 

Untuk itu, Mardalena Wati Yulia berharap dengan diadakan orientasi ini, dapat meningkatkan pemahaman pengelola terkait penyelenggaran Rumah DataKu baik dari segi pengumpulan, pengolahan, penyajian serta analisis data di tingkat mikro. Sehingga dapat tersedianya data di tingkat Desa/Kelurahan yang berkualitas serta dapat dimanfaatkan untuk perencanaan pembangunan mulai dari tingkat desa/kelurahan.

Adapun materi yang disampaikan pada orientasi ini yaitu Arah dan Kebijakan Program Perencanaan Pengendalian Penduduk Tahun 2023 oleh Ketua Tim Kerja Pengendalian Penduduk Ermayani, SE.Ak, Peran BPS Provinsi Riau dalam Pengelolaan Rumah DataKu melalui Program Desa Cantik oleh Fungsional Pranata Komputer Ahli BPS Provinsi Riau Dadang Sunandar, SST, MT, Program Bangga Kencana dalam Permendagri 050-3780 tahun 2020 tentang Pemutakhiran Klasifikasi.

Sementara materi Kodefikasi dan Nomenklatur Perencanaan Pembangunan dan Keuangan Daerah disampaikan oleh Kepala Bidang Pemerintahan dan Pembangunan Manusia Bappedalitbang Provinsi Riau Heriyanto, S.Hut, MT, Pojok Edukasi Kependudukan untuk Masyarakat (PESAT), Manajemen Pengelolaan Rumah Data Kependudukan dan Panduan Penggunaan Website Aplikasi Rumah Data Kependudukan oleh Tim Kerja Kampung KB dan Rumah Data Kependudukan dan Petunjuk Pengisian K0 Rumah DataKu dan Kampung KB di New SIGA oleh Tim Kerja Data dan Informasi.

Dalam kesempatan ini juga dilaksanakan Penandatanganan Kerjasama antara Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Riau dengan Dekan FMIPA Universitas Riau. 


 
.:: Home | Politik | Peristiwa | Ekbis | Lingkungan | Sport | Hukum | Kesehatan | Iptek | Foto | Galeri | Index ::.
Copyright 2011-2020 RiauKita.com, All Rights Reserved | Redaksi | Info Iklan | Disclaimer Reserved Powered By www.riaukita.com